panelarrow

Hidup Bersama Diabetes

Hidup Bersama Diabetes

buah apel

Buah Dan Sayur Untuk Diabetes

| 0 comments

Beruntung sekali kita tinggal di Indonesia yang mempunyai kekayaan alam yang sangat luar biasa. Dari kekayaan alam tersebut kita bisa memanfaatkannya secara langsung dalam kehidupan sehari-hari. Misalnya dengan mengolah sayuran sebagai masakan, mengolah buah sebagai pelengkap makan, ataupun mengolah sayur dan buah sebagai obat herbal.

Sayur-sayuran dan buah-buahan sendiri mempunyai banyak khasiat yang bermanfaat untuk menjaga dan menyembuhkan penyakit, mulai dari penyakit yang ringan sampai yang kronis.  Namun pada artikel ini kami hanya akan membahas jenis sayur-sayuran dan buah-buahan yang bermanfaat untuk menjaga kadar gula seseorang.

Berikut ini adalah sayur-sayuran dan buah-buahan yang baik untuk gula darah:

  • Karela (labu pahit)

Jenis sayuran ini sangat berguna untuk  mengatasi diabetes dan menurunkan tekanan darah yang tinggi. Anda bisa mengolah labu pahit menjadi masakan yang sesuai dengan selera anda. Namun sebaiknya jangan mengkonsumsi labu pahit dengan waktu yang hampir sama ketika anda minum obat penurun gula darah karena labu pahit bisa membuat kadar gula darah turun secara drastis.

  • Bawang putih

Bawang putih mengandung bahan aktif seperti diallyldisul-phide oksida (allicin) dan alil propil disulfida (APDS) yang bila digabungkan dengan flavonoid bisa membantu menurunkan kadar gula darah yang tinggi. diallyldisul-phide oksida bisa dikombinasikan dengan vitamin B1 (thiamin) untuk merangsang pankreas melepaskan insulin.

  • Kacang

Kacang mampu menyeimbangkan kadar gula darah anda karena serat larut yang terkandung dalam kacang mampu menyimpan gula darah setelah anda makan sesuatu. Selain itu kacang sangat berguna untuk sistem pencernaan serta jantung dan sangat baik untuk anda yang  mengalami resistensi insulin, hipoglikemia atau diabetes.

  • Fenugreek

Fenugreek memiliki serat tinggi yang mampu mengontrol kadar glukosa darah dengan meningkatkan jumlah reseptor insulin dalam sel darah merah dan menurunkan resistensi insulin sehingga sangat berguna bagi penderita diabetes.

  • Kedelai

Kedelai mengandung protein dan serat yang tinggi sehingga mampu menurunkan ekskresi urin pada orang yang menderita diabetes. Anda bisa mengkonsumsi makanan atau minuman yang terbuat dari kedelai. Misalnya tempe, tahu, dan susu kedelai.

  • Brokoli

Brokoli adalah sumber terbaik dari mineral yang membantu mengatur gula darah dan insulin (kromium). Sebaiknya brokoli dimakan mentah atau dimasak sebentar karena apabila dimasak terlalu lama bisa menyebabkan kandungan gizi dan mineral menjadi hilang..

  • Cabe

Cabe mampu membantu menurunkan gula darah seseorang karena mengandung vitamin C, antioksidan dan karotenoid yang mampu meningkatkan regulasi insulin. Anda bisa mengkonsumsinya sebagai bahan campuran masakan di rumah ataupun dimakan langsung.

  • Gandum

Makanan yang terbuat dari gandum mengandung banyak mineral, vitamin esensial, dan serat yang tinggi. Karbohidrat kompleks yang terdapat pada gandum sangat berguna bagi tubuh untuk menghasilkan energi. Tubuh menyerap karbohidrat kompleks dengan lebih lambat bila dibandingkan dengan karbohidrat sederhana sehingga kadar gula darah akan menjadi lebih stabil.

  • Apel

Buah apel kaya akan pektin yang mampu menurunkan kebutuhan insulin tubuh. Sebuah penelitian pernah menunjukkan bahwa wanita yang mengkonsumsi satu butir apel dalam sehari mempunyai 28 persen kemungkinan yang lebih kecil dalam menderita diabetes tipe 2 bila dibandingkan dengan wanita yang tidak mengkonsumsi buah apel.

  • Kayu manis

Kayu manis mengandung bahan aktif yang bernama methylhydroxy-chalcone polimer (MHCP) yang mempunyai efek seperti insulin dan bekerja sinergis dengan insulin dalam sel. Namun penelitian ini hanya melibatkan sedikit orang dan belum dieksplorasi lebih jauh mengenai manfaat yang lebih luas dari kayu manis.

Leave a Reply

Required fields are marked *.