panelarrow

Hidup Bersama Diabetes

Hidup Bersama Diabetes

obat

Jenis Minuman Yang Berbahaya bagi Obat

| 0 comments

Air adalah elemen dari alam yang sangat penting bagi tubuh. Walaupun begitu tidak semua jenis minuman bisa menimbulkan reaksi yang baik bagi tubuh ketika dikombinasikan dengan obat-obatan kimia. Ada beberapa jenis minuman yang sebaiknya dihindari saat kita akan minum obat-obatan kimia.

Jus grapefruit

Jus grapefruit mengandung sejumlah senyawa organik turunan furanokumarin yang bisa mengganggu organ hati dan penyerapan enzim sitokrom P450 isoform CYP3A4 pada dinding usus kecil. Sebuah penelitian yang dilakukan oleh University of Western Ontario menunjukkan bahwa jus grapefruit mampu meningkatkan penyerapan jenis obat-obatan tertentu dan mengubah dosis normal suatu obat menjadi dosis yang berlebihan. Jus ini mempunyai efek yang tidak baik terhadap 50 jenis obat-obatan kimia.

Jus delima

Jus delima mengandung enzim yang mampu memecah resep obat tekanan darah. Selain itu jus delima juga bisa menurunkan efektifitas obat pada obat anti depresi dan bisa memperlambat kecepatan hati untuk memecah pengencer darah.

Susu kemasan

Susu kemasan bisa mengurangi penyerapan antibiotik dalam tubuh dan mengurangi kemampuan penyerapan komponen yang penting (seperti zat besi) dalam suatu obat. Susu juga mengandung kalsium yang bisa mengganggu efektivitas obat tiroid dan mampu mengikat antibiotik sehingga mencegah penyerapan obat dalam tubuh. Bila ingin minum susu kemasan sebaiknya tunggu hingga sekitarĀ  4 jam setelah minum obat.

Kafein

Kafein bisa mengakibatkan efek kesehatan yang berbahaya jika diminum dengan stimulan. Minuman yang mengandung kafein adalah teh hijau, kopi dan minuman vitalitas energi. Sebaiknya hindari minum minuman yang mengandung kafein saat sedang mengkonsumsi amfetamin, obat penekan nafsu makan (efedrin) dan obat asma. Bila anda ingin minum minuman yang mengandung kafein sebaiknya tunggu sekitar 3 jam setelah minum obat.

Minuman isotonik

Minuman isotonik mengandung kalium yang bisa mengakibatkan efek kesehatan yang berbahaya bila dikombinasikan dengan obat hipertensi atau obat gagal jantung atau. Selain itu buah pisang juga mengandung kalium dengan kadar tinggi.

Anggur (wine)

Minum segelas anggur lalu minum obat antidepresan bisa mengakibatkan, sakit kepala, darah tinggi, jantung berdebar cepat dan stroke.

Teh hijau

Sebenarnya teh hijau tidak mengandung bahan yang bisa membahayakan kesehatan seseorang. Namun teh hijau mengandung vitamin K yang bisa mengurangi efektivitas dari obat-obatan, misalnya obat untuk mencegah pembekuan darah seperti (kumarin atau warfarin).

 

Leave a Reply

Required fields are marked *.